Menu
Poin

Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Keuntungan Strategi Marketing Bisnis Makanan Lewat Pameran atau Bazar

Mengikuti event atau bazaar sebagai strategi pemasaran untuk bisnis makanan memiliki berbagai keuntungan. Berikut beberapa alasan mengapa ini adalah langkah yang efektif:

1. Ajang Promosi Produk Sekaligus Meningkatkan Brand Awareness dan Kredibilitas Brand

Mengikuti event atau bazar adalah kesempatan besar untuk memperkenalkan produk makananmu kepada target konsumen yang lebih luas. Konsumen baru yang belum mengenal produk bisnis kuliner Anda akan berkesempatan melihat, mencoba, dan mengingat produk Anda. Selain itu dengan mengikuti event, bisa meningkatkan kredibilitas bisnis makananmu. Konsumen melihat bisnis yang aktif di berbagai acara sebagai brand yang serius dan terpercaya.

2. Memperluas Jaringan Pelanggan

Mengikuti event atau bazar membuka peluang untuk menargetkan konsumen baru. Cara ini efektif untuk memikat pelanggan baru dengan kelebihan produk yang dimiliki.  

3. Mendapat Feedback Langsung dari Konsumen

Kamu bisa mendapatkan umpan balik langsung dari konsumen tentang produkmu. Ini bisa sangat berguna untuk meningkatkan kualitas produk, menemukan tren baru, atau memahami preferensi konsumen. 

4. Meningkatkan Omset

Event dan bazaar sering kali menghasilkan peningkatan penjualan secara langsung karena konsumen cenderung berbelanja lebih banyak saat dalam suasana tema bazar tersebut. Kamu bisa menawarkan promosi atau diskon, atau bundling spesial yang hanya berlaku selama event. Penawaran menarik ini berpotensi menarik lebih banyak pelanggan dan memotivasi pembelian impulsif. Efek positifnya berpotensi menaikkan pendapatan yang signifikan dalam jangka pendek. 

5. Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Berpartisipasi dalam event atau bazaar memungkinkan kamu untuk memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan, seperti mencicipi makanan, berinteraksi langsung dengan brand, dan memberikan pelayanan yang ramah.

6. Kesempatan Membangun Networking

Agenda berkumpulnya para pebisnis kuliner ini juga memberikan peluang untuk berkolaborasi atau bahkan membuka potensi bekerja sama dengan bisnis lain yang saling menguntungkan. ungkin saling melengkapi. Misalnya, kamu bisa bekerja sama dengan bisnis minuman atau produk pelengkap untuk menciptakan penawaran yang lebih menarik bagi konsumen. 

7. Promosi Gratis Melalui Media Sosial Bazar dan Pelanggan 

Agenda event tertentu sering kali menjadi bahan pembicaraan di media sosial. Sosial media dari bazar tersebut biasanya akan memperkenalkan produk-produk dalam pameran sebagai ajang menarik pengunjung.

Selain itu konsumen yang puas dengan produk Anda takkan segan untuk membagikan pengalaman mereka lewat sosial media. Tentu ini akan membantu mempromosikan bisnismu tanpa merogoh biaya tambahan.  

Ide Bisnis Makanan yang Cocok Untuk Bazar

Kalau ingin memperkenalkan produk kuliner Anda lewat event, pastikan sudah melakukan persiapan matang agar memudahkan operasional pada saat bazar berlangsung. Misalnya memilih makanan yang mudah disiapkan dan cepat disajikan, karena pengunjung bazar supaya tidak merepotkan proses menyajikan dan membuat konsumen menunggu lama.

Selain itu usahakan menyajikan menu yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Tak kalah penting,  sesuaikan produk Anda dengan tema event atau pameran dan target pengunjung. 

Berikut adalah beberapa menu yang cocok disajikan di momen bazar atau pameran. 

1. Sate ayam

Hidangan sate ayam cenderung praktis dan tidak terlalu mengenyangkan sehingga cocok untuk konsumen yang ingin pengalaman jajan bervariasi di bazar. Pastikan memarinasi daging ayam dengan Knorr Lime Powder dan Bango Kecap Manis yang memadukan rasa segar alami dari jeruk nipis dengan cita rasa manis kedelai hitam berkualitas. Kombinasi ini membuat tiap potongan daging ayam terasa segar, manis, dan gurih.  

2. Tteokbokki

Pencinta drakor pasti takkan melewatkan menu jajanan Korea ini. Beri variasi topping yang menarik untuk memikat konsumen. Anda bisa memberi berbagai pilihan tambahan topping yang juga berpeluang menambah omset. Pilihan sosis, nori, keju, jamur-jamuran, atau bahkan mie dapat menjadi variasi menarik bagi konsumen. Untuk membuat saus creamy yang lezat dan lebih praktis, gunakan Knorr Chicken Seasoning Powder dan Knorr Cheese Sauce Mix.

3. Rendang

Menyajikan hidangan Indonesia yang sudah populer seperti rendang sangat cocok dijadikan ide masakan untuk bazar. Kemas rendang sebagai makanan siap saji atau stok lauk praktis untuk pelanggan. Kemas dalam wadah plastik atau vacuum plastic sehingga mudah dibawa pulang.

Anda dapat menggunakan bantuan Royco Bumbu Rempah Serbaguna untuk meracik  bumbu rendang yang lezat dan konsisten. Dibuat dari resep tradisional Minang dan teksturnya halus sehingga mudah meresap ke daging.

4. Heavenly Wing

Sajikan sayap ayam dengan kulit renyahnya yang sempurna dan saus yang kaya rasa. Masakan gorengan selalu menggugah selera dan cocok disajikan untuk semua kalangan. Kehadiran Knorr Rostip sebagai bumbu marinasi dan bumbu lapisan tepung memberi cita rasa dan aroma bawang putih yang intens. Selain itu balutan saus dari Knorr Demi Glace Sauce Mix dan krim kental bikin chicken wings simpel ini semewah hidangan steak.  

5. Ayam Panggang

Momen bazar tahunan seperti Ramadan, Natal, dan Tahun Baru juga tak kalah menarik untuk dicoba. Hidangan istimewa seperti ayam panggang utuh bisa jadi pilihan. Kemas daging ayam panggang bumbu Indonesia ini dengan presentasi packaging menarik sehingga cocok juga jadi ide hampers. Dengan tekstur Knorr Bumbu Kuning Serbaguna yang halus dan mudah menyerap membuat ayam cita rasa ayam panggang utuh ini lezat dan menggugah selera.

Supaya tak mengecewakan konsumen, pastikan Anda membuat persiapan penyajian hidangan ini sebaik mungkin. Konsumen yang puas dengan produk kuliner Anda tentu takkan segan menjadi repeat customer atau bahkan pelanggan setia yang potensial menjadi marketing Anda melalui word of mouth

Home
Produk
Resep
Cart
Menu