Jadi Laris Berkat 5 Hal Ini
Apa hal yang bisa dilakukan agar usaha oleh-oleh bisa selalu terjual habis dan dikenal luas oleh pelanggan?
Indonesia punya banyak ragam oleh-oleh. Setiap daerah pasti memiliki oleh-oleh khas yang terkenal. Banyak oleh-oleh legendaris yang selalu diburu oleh pelancong untuk dibawa pulang, seperti cake salak dari Balikpapan, bakpia dari Jogja, hingga bolu gulung abon dari Papua.
Anda yang menjalankan usaha oleh-oleh pun bisa menuai sukses dan menjadi legenda seperti produsen oleh-oleh yang bertahan selama puluhan tahun.
Apa hal yang bisa dilakukan agar usaha oleh-oleh bisa selalu terjual habis dan dikenal luas oleh pelanggan?
Buat varian rasa baru sesuai musim
Rasa adalah hal utama saat menjalankan bisnis makanan. Anda perlu berinovasi dalam hal rasa seperti membuat rasa baru untuk produk oleh-oleh Anda. Coba buat musim tertentu sebagai penanda rasa. Ini akan membuat orang berburu pada musim tertentu karena produk hanya dijual musim itu saja. Misalnya rasa kurma ketika musim haji. Atau, rasa strawberry spesial saat musim Valentine.
Percantik kemasan dengan nilai lokal
Kemasan menjadi kunci penting dalam menarik perhatian pelanggan. Buat kemasan menarik dengan mengadopsi budaya lokal. Misalnya jika Anda menjual pie di Bali, Anda bisa memasukkan ornamen ukiran bali dalam kemasan oleh-oleh. Atau, Anda bisa mengemas bolu gulung ke dalam tempat seperti tugu Monas jika ingin berjualan oleh-oleh Jakarta.
Membuat nama baru yang beda dari yang lain
Bila produk oleh-oleh yang Anda jual kurang sukses, ada kalanya Anda perlu membuat nama atau brand baru. Pilihlah nama yang mudah disebut tetapi unik. Misalkan memberi nama cokelat anti patah hati, martabak pelangi, atau lumpia keroyokan.
Tawarkan olahan baru
Cara lain untuk meningkatkan pamor oleh-oleh yang Anda jual adalah dengan menawarkan olahan baru. Misalnya dengan mengombinasikan dua resep sekaligus, martabak dan kue cubit, menjadi martabak manis ukuran kecil dengan rasa seperti kue cubit.
Gunakan testimoni orang terkenal
Ini adalah cara yang belakang sering dilakukan. Misalnya Jogja Scrummy dengan Dude Herlino atau Bandung Makuta dengan Laudya Chintya Bella. Kalau perlu, jadikan mereka partner, sehingga mereka pun bisa mempromosikan produk Anda ke penggemar yang lebih luas.