Setiap pelanggan yang datang ke toko oleh-oleh Anda sering kali mempertimbangkan oleh-oleh dengan kemasan yang unik dan menarik. Maka dari itu, kemasan yang lain dari yang lain perlu Anda perhatikan dalam produksi oleh-oleh. Berikut ini tips packaging yang akan membuat pelanggan Anda melirik dan tertarik dengan produk Anda.
Pilih warna sesuai komposisi atau rasa
Memilih warna kemasan yang eyecatching adalah PR yang penting. Anda bisa menyesuaikan warna kemasan berdasarkan komposisi atau rasanya. Misalnya warna kuning muda untuk komposisi yang mengandung jagung, warna coklat atau hitam untuk produk dengan rasa kopi atau coklat, dan warna hijau untuk produk dengan rasa green tea atau mint.
Desain logo yang simpel namun menarik
Ketika membuat sebuah brand, pastinya Anda juga memikirkan logo yang menarik untuk brand Anda tersebut. Desain logo yang simpel namun menarik dan posisinya dalam kemasan produk Anda akan mempengaruhi tingkat ketertarikan pelanggan terhadap produk Anda. Jangan lupa berikan informasi yang lengkap tentang produk dan toko Anda!
Bentuk desain kemasan yang sesuai tren
Kemasan produk oleh-oleh bisa disesuaikan dengan momen yang sedang berlangsung dengan memodifikasinya ke dalam desain yang unik dan simpel. Misalnya, momen lebaran dengan kemasan berbentuk masjid atau ketupat, momen tahun baru dengan kemasan nuansa kembang api, atau menggunakan bentuk karakter animasi yang tengah naik daun. Namun hindari ornamen yang terlalu ramai, agar pelanggan Anda tak kerepotan saat membawanya pulang.
Buat desain dengan ciri khas daerah asal oleh-oleh
Oleh-oleh bisa jadi ajang promosi suatu daerah. Anda bisa membuat kemasan unik dengan bentuk menyerupai ikon-ikon khas kota asal oleh-oleh. Misalnya bentuk Tugu Jogja, Rumah Gadang Padang, Monas Jakarta, dan bentuk ikon khas lainnya. Selain memperkenalkan oleh-oleh yang khas, Anda juga bisa sekaligus mempromosikan daerah asal oleh-oleh produksi Anda.